Pedofilia

Seksualitas merupakan salah satu ranah yang paling pribadi dalam kehidupan individu. Setiap orang adalah makhluk seksual dengan minat dan fantasi yang dapat mengejutkan atau mengagetkan dari waktu ke waktu dan itu adalah hal yang normal. Namun, ketika fantasia tau hasrat tersebut mulai membahayakan diri sendiri dan orang lain maka itu adalah suatu abnormalitas.

Parafilia adalah dimana seseorang tertarik pada aktivitas atau objek seksual yang tidak wajar. Dengan kata lain, terdapat deviasi (para) dalam ketertarikan seseorang (filia). Salah satunya yaitu Pedofilia yang lebih banyak diidap oleh laki-laki daripada perempuan.
Menurut DSM, pedofil (pedos, berarti “anak” dalam bahasa Yunani) adalah orang dewasa yang mendapatkan kepuasan seksual melalui kontak fisik dan seringkali seksual dengan anak-anak pubertas yang tidak memiliki hubungan darah dengan mereka.

DSM-IV-TR mensyaratkan pelakunya minimal berusia 16 tahun dan berusia minimal 5 tahun dari si anak yang menjadi korban. Perilaku tersebut terjadi berulang, intens selama periode minimal 6 bulan. Fantasi tersebut mendorong perilaku yang menimbulkan gairah seksual berkaitan dengan melakukan kontak seksual terhadap seorang anak prapubertas. Dorongan dan fantasi tersebut menyebabkan orang yang bersangkutan mengalami distress atau masalah interpersonal.

Comments